Cara Berhasil Pulih Setelah Labiaplasty

Labiaplasty adalah pembedahan yang memperbaiki masalah anatomis pada organ reproduksi wanita, terutama labia yang menonjol atau asimetris, yang menimbulkan ketidaknyamanan atau rasa sakit yang signifikan. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah ini, prosedur bedah ini diperkenalkan untuk menghilangkan kelebihan kulit atau tonjolan, dan untuk menyeimbangkan asimetri apapun. Hasilnya dapat memberi wanita kenyamanan yang lebih baik, kepercayaan diri yang lebih tinggi dan kehidupan seksual yang lebih baik.

Namun, sebagian dari keberhasilan prosedur labiaplasty adalah bagaimana proses pemulihan berjalan. Hal ini bermuara pada bagaimana Anda mengelola untuk menyembuhkan luka lebih cepat, dan labia Anda jatuh ke bentuk yang lebih baik. Jadi, di sini kami memberi Anda tips bermanfaat untuk mempermudah proses pemulihan Anda yang pada akhirnya akan menghasilkan hasil yang diinginkan.

1. Segera setelah operasi Anda mungkin mulai merasa sakit karena efek anestesi perlahan-lahan hilang. Untuk menghilangkan ini, Anda dapat menerapkan kompres dingin di atas area bedah. Ini juga akan mengurangi pembengkakan yang biasanya terjadi sekitar waktu ini. Penting untuk menjaga kompres dingin selama 24 jam saat Anda beristirahat.

2. Anda perlu menggunakan pembalut wanita untuk menghindari mengotori pakaian Anda karena sejumlah perdarahan akan terjadi. Pad juga akan berfungsi sebagai pelindung atau bantalan untuk situs bedah.

3. Untuk rasa sakit, dokter bedah akan meresepkan Anda dengan obat pereda nyeri yang akan Anda gunakan sesuai dengan instruksi yang diberikan.

4. Antibiotik juga akan diresepkan untuk mencegah infeksi oportunistik, terutama karena area tersebut agak sulit untuk steril. Infeksi juga dapat menyebabkan penyembuhan yang tertunda, oleh karena itu ikuti jadwal yang sesuai untuk hasil optimal.

5. Sebaiknya memakai pakaian yang longgar dan longgar untuk mencegah iritasi di area tersebut.

6. Anda dapat mandi pada hari kedua setelah operasi, tetapi jangan menggunakan sabun untuk membersihkan area bedah seperti yang belum. Ini hanya akan mengiritasi situs dan menyebabkan beberapa sensasi terbakar. Namun, akan aman menggunakan pencucian ringan lembut atau feminin lembut pada hari ketiga dan seterusnya.

7. Cucilah area dengan benar setelah Anda buang air kecil dan kemudian tepuk-tepuk dengan lembut untuk mencegah kelembaban dan bakteri berkembang. Bacitracin salep juga dapat diresepkan, dan ini adalah apa yang Anda terapkan pada sayatan setelah membersihkan area tersebut.

8. Pelunak kotoran dapat membantu mencegah Anda terlalu tegang saat buang air besar. Melakukannya juga bisa menyakitkan di situs bedah Anda.

9. Segera setelah jahitan yang larut itu hilang, Anda mungkin merasa gatal pada area tersebut. Berhati-hatilah untuk tidak menggaruknya karena ini dapat menyebabkan rusaknya integritas kulit Anda, yang merupakan pintu masuk infeksi yang baik.

10. Pemulihan mensyaratkan bahwa Anda santai pada diri sendiri selama beberapa hari. Ini berarti menghindari aktivitas yang berat, meskipun Anda mungkin dapat kembali ke rutinitas normal atau bekerja dalam waktu 3-5 hari, tetapi pastikan untuk menghindari stres apa pun. Jangan angkat atau saring karena ini benar-benar dapat mempengaruhi situs bedah.

11. Hubungan seksual harus ditunda selama setidaknya 6-8 minggu setelah prosedur labiaplasti Anda untuk memastikan bahwa luka Anda benar-benar sembuh.

12. Jika Anda pernah melihat sesuatu yang tidak biasa, seperti pendarahan yang meningkat, pengeluaran cairan yang tidak normal, peningkatan suhu atau rasa sakit yang diperburuk, segera beri tahu dokter bedah Anda karena ini bisa menjadi tanda infeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *